Blog Biografi dan Gambar Pahlawan Nasional ini merupakan sebuah blog yang menulis tentang biografi, serta catatan sejarah dari orang yang pernah berjuang untuk membela bangsa Indonesia. Tidak hanya saat masa penjajahan, tetapi pada masa setelah merdeka. Untuk itu marilah kita kenali Biografi dan gambar setiap pahlawan nasional.

Biografi dan Gambar pahlawan nasional tentunya banyak yang belum kita mengenalinya,Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Mari kita kenal lebih dekat tentang Biografi dan gambar setiap pahlawan nasional.

Kumpulan nama dan gambar pahlawan
nasional ini merupakan sebuah sejarah jasa dari orang-orang yang pernah
berjuang untuk membela bangsa Indonesia dalam masa penjajahan. Tidak
hanya saat masa penjajahan, tetapi pada masa-masa tertentu seperti saat
Indonesi masih kurang pendidikannya, atau pada saat revolusi, dan lain
sebagainya. Untuk itu marilah kita kenali nama dan gambar setiap pahlawan nasional.



Kumpulan Nama dan Gambar Pahlawan Nasional


Gambar pahlawan nasional tentunya banyak yang kita tidak ketahui,
serta namanya juga mungkin belum kita kenal. Sebagai bangsa Indonesia,
kita harus menjunjung tinggi nama-nama pahlawan kita. Dengan itu saya
akan memberikan gambar-gambar pahlawan nasional untuk kalian kenali
lebih dekat,

Biografi dan Gambar Pahlawan Nasional Pangeran Dipenogoro

Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro (lahir di Yogyakarta, 11 November 1785 – meninggal di Makassar, Sulawesi Selatan, 8 Januari 1855 pada umur 69 tahun) adalah salah seorang pahlawan nasional Republik Indonesia. Pangeran Diponegoro terkenal karena memimpin Perang Diponegoro/Perang Jawa (1825-1830) melawan pemerintah Hindia Belanda. Perang tersebut tercatat sebagai perang dengan korban paling besar dalam sejarah Indonesia.


Pangeran Dipanegara adalah putra sulung Sultan Hamengkubuwono III, seorang raja Mataram di Yogyakarta. Lahir pada tanggal 11 November 1785 di Yogyakarta dengan nama Mustahar dari seorang selir bernama R.A. Mangkarawati, yaitu seorang garwa ampeyan (istri selir) yang berasal dari Pacitan. 
Pangeran Dipanegara bernama kecil Raden Mas Antawirya. Menyadari kedudukannya sebagai putra seorang selir, Dipanegara menolak keinginan ayahnya, Sultan Hamengkubuwono III, untuk mengangkatnya menjadi raja. Ia menolak mengingat ibunya bukanlah permaisuri. Dipanegara setidaknya menikah dengan 9 wanita dalam hidupnya, yaitu:
  • B.R.A. Retno Madubrongto puteri kedua Kyai Gedhe Dhadhapan; R.A. Supadmi yang kemudian diberi nama R.A. Retnakusuma, putri Raden Tumenggung Natawijaya III, Bupati Panolan, Jipang;
  • R.A. Retnodewati seorang putri Kyai di wilayah Selatan Jogjakarta; 
  • R.Ay. Citrowati, puteri Raden Tumenggung Ronggo Parwirosentiko dengan salah satu isteri selir;
  • R.A. Maduretno, putri Raden Rangga Prawiradirjo III dengan Ratu Maduretno (putri HB II), jadi
  • R.A Maduretno saudara seayah dengan Sentot Prawirodirdjo, tetapi lain ibu;
  • R.Ay. Ratnaningsih putri Raden Tumenggung Sumoprawiro, bupati Jipang Kepadhangan;
  • R.A. Retnakumala putri Kyahi Guru Kasongan;
  • R.Ay. Ratnaningrum putri Pangeran Penengah atau Dipawiyana II.
  • Syarifah Fathimah Wajo putri Datuk Husain (Wanita dari Wajo, Makasar), makamnya ada di Makasar. Syarifah Fathimah ini nasab lengkapnya adalah Syarifah Fathimah Wajo binti Datuk Husain bin Datuk Ahmad bin Datuk Abdullah bin Datuk Thahir bin Datuk Thayyib bin Datuk Ibrahim bin Datuk Qasim bin Datuk Muhammad bin Datuk Nakhoda Ali bin Husain Jamaluddin Asghar bin Husain Jamaluddin Akbar. 
Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia atau seseorang yangberjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia.
Demikian Biografi dan Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro, semoga bangsa ini tidak melupakan perjuangannya.

Biografi dan Gambar Pahlawan Nasional Pangeran Dipenogoro Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ideas Home Design