Blog Biografi dan Gambar Pahlawan Nasional ini merupakan sebuah blog yang menulis tentang biografi, serta catatan sejarah dari orang yang pernah berjuang untuk membela bangsa Indonesia. Tidak hanya saat masa penjajahan, tetapi pada masa setelah merdeka. Untuk itu marilah kita kenali Biografi dan gambar setiap pahlawan nasional.

Biografi dan Gambar pahlawan nasional tentunya banyak yang belum kita mengenalinya,Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Mari kita kenal lebih dekat tentang Biografi dan gambar setiap pahlawan nasional.

Kumpulan nama dan gambar pahlawan
nasional ini merupakan sebuah sejarah jasa dari orang-orang yang pernah
berjuang untuk membela bangsa Indonesia dalam masa penjajahan. Tidak
hanya saat masa penjajahan, tetapi pada masa-masa tertentu seperti saat
Indonesi masih kurang pendidikannya, atau pada saat revolusi, dan lain
sebagainya. Untuk itu marilah kita kenali nama dan gambar setiap pahlawan nasional.



Kumpulan Nama dan Gambar Pahlawan Nasional


Gambar pahlawan nasional tentunya banyak yang kita tidak ketahui,
serta namanya juga mungkin belum kita kenal. Sebagai bangsa Indonesia,
kita harus menjunjung tinggi nama-nama pahlawan kita. Dengan itu saya
akan memberikan gambar-gambar pahlawan nasional untuk kalian kenali
lebih dekat,

Biografi dan Pahlawan Nasional Maria Josephine Catherine Maramis

Pahlawan Nasional Maria Josephine Catherine Maramis (lahir di Kema, Sulawesi Utara, 1 Desember 1872 – meninggal di Maumbi, Sulawesi Utara, 22 April 1924 pada umur 51 tahun), atau yang lebih dikenal sebagai Maria Walanda Maramis, adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia karena usahanya untuk mengembangkan keadaan wanita di Indonesia pada permulaan abad ke-20. Setiap tanggal 1 Desember, masyarakat Minahasa memperingati Hari Ibu Maria Walanda Maramis, sosok yang dianggap sebagai pendobrak adat, pejuang kemajuan dan emansipasi perempuan di dunia politik dan pendidikan. Menurut Nicholas Graafland, dalam sebuah penerbitan "Nederlandsche Zendeling Genootschap" tahun 1981, Maria ditahbiskan sebagai salah satu perempuan teladan Minahasa yang memiliki "bakat istimewa untuk menangkap mengenai apapun juga dan untuk memperkembangkan daya pikirnya, bersifat mudah menampung pengetahuan sehingga lebih sering maju daripada kaum lelaki".
Untuk mengenang jasanya, telah dibangun Patung Walanda Maramis yang terletak di Kelurahan Komo Luar, Kecamatan Wenang, sekitar 15 menit dari pusat kota Manado yang dapat ditempuh dengan angkutan darat. Di sini, pengunjung dapat mengenal sejarah perjuangan seorang wanita asal Bumi Nyiur Melambai ini. Fasilitas yang ada saat ini adalah tempat parkir dan pusat perbelanjaan Maria lahir di Kema, sebuah kota kecil yang sekarang berada di kabupaten Minahasa Utara, dekat Kota Airmadidi propinsi Sulawesi Utara. Orang tuanya adalah Maramis dan Sarah Rotinsulu. Dia adalah anak bungsu dari tiga bersaudara dimana kakak perempuannya bernama Antje dan kakak laki-lakinya bernama Andries.
Andries Maramis terlibat dalam pergolakan kemerdekaan Indonesia dan menjadi menteri dan duta besar dalam pemerintahan Indonesia pada mulanya. Maramis menjadi yatim piatu pada saat ia berumur enam tahun karena kedua orang tuanya jatuh sakit dan meninggal dalam waktu yang singkat. Paman Maramis yaitu Rotinsulu yang waktu itu adalah Hukum Besar di Maumbi membawa Maramis dan saudara-saudaranya ke Maumbi dan mengasuh dan membesarkan mereka di sana. Maramis beserta kakak perempuannya dimasukkan ke Sekolah Melayu di Maumbi. Sekolah itu mengajar ilmu dasar seperti membaca dan menulis serta sedikit ilmu pengetahuan dan sejarah. Ini adalah satu-satunya pendidikan resmi yang diterima oleh Maramis dan kakak perempuannya karena perempuan pada saat itu diharapkan untuk menikah dan mengasuh keluarga.

Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia atau seseorang yangberjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia.

Demikian Biografi dan Pahlawan Nasional Maria Josephine Catherine Maramis, semoga bangsa ini tidak melupakan perjuangan mereka.

Biografi dan Pahlawan Nasional Maria Josephine Catherine Maramis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ideas Home Design